Jumat, 16 Maret 2012

Kebudayaan Di Mata Para Ahli

Cover Makalah
-Tugas : Ilmu Budaya Dasar
-Tema : Pengertian Kebudayaan
-Dosen : Ratih Wulandari
Bab 1 Pendahuluan
-Latar Belakang Definisi Kebudayaan sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagas yang terdapat dalam pikiran manusia , sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan bersifat abstrak.
-Manfaat dan Tujuan Makalah Supaya seseorang dapat mengetahui arti dari kebudaaan itu sendiri dan dapat di maanfatkan dengan cara mengekspresikannya kedalam hal yang positif dan dapat berguna untuk orang banyak
Bab 2 Pembahasan
-Menurut para ahli definisi kebudayaan bisa di definisikan menjadi 11 definisi sesuai para ahli
1. definisi dari Edward B.Taylor yang mengatakan bahwa Kebudayan merupakan sebuah kesatuan yang kompleks dimana di dalamnya terkandung nilai pengetahuan , kepercayaan , kesenian , moral , hukum , adat istiadat , dan kemampuan yang lainnya.
2. definisi dari M.Jacobs dan B.J.Stern menyatakan bahwa kebudayaan merupakan sebuah kesatuan yang meliputi bentuk teknologi sosial , ideologi , religi , dan kesenian dimana semuanya merupakan warisan sosial.
3. definisi dari Koentjaraningrat mengatakan kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan , tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupana masyarakat yang di jadikan milik diri manusia dengan belajar.
4. definisi dari Dr.K.Kupper mengatakan bahwa kebudayan adalah sistem gagasan yang di jadikan pedoman dan pengarah untuk manusia dalam bersikap dan berperilaku.
5. definisi dari William H.Haviland mengatakan bahwa kebudayaan adalah sebuah peraturan dan norma yang dimiliki oleh anggota masyarakat
6. definisi dari Ki Hajar Dewantara mengatakan bahwa Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat yaitu zaman alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai macam rintangan dan kesukaran dalam hidup.
7. definisidari Franciss Merill mengatakan bahwa kebudayaan adalah pola-pola perilaku yang di hasilkan oleh interaksi social Semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh sesorang sebagai anggota suatu masyarakat yang di temukan melalui interaksi simbolis.
8. definisi dari Bounded et,al mengatakan bahwa Kebudayaan adalah sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu.
9. definisi dari Mitchell mengatakan bahwa Kebudayaan adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar di alihkan secara genetikal.
10. definisi dari Robert H Lowie mengatakan bahwa Kebudayaan adalah segala sesuatu yang diperoleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistic, kebiasaan makan, keahlian yang diperoleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau.
11.definisi dari Arkeolog R.Soekomo mengatakan bahwa Kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupahbuah pikiran dan dalam penghidupan.
Bab 3 Penutup
-Kesimpulan Kebudayaan yaitu sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide gagas yang terdapat di dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya , berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata.

0 komentar:

Posting Komentar