Sabtu, 05 Mei 2012

Manusia dan Keadilan

Definisi Keadilan dan Makna Keadilan
menurut saya keadilan itu adalah suatu keadaan dimana seseorang individu dapat menempatkan sesuatu di tempatnya , makna dari keadilan itu sendiri berupa selalu tepat menaruh dimana hal yang benar itu di taruh , bukan dengan menaruh hal A didalam B. contohnya misalkan seperti seorang mahasiswa yang mengikuti jadwal perkuliahan sesuai waktunya bukan dengan masuk telat ataupun dengan membolos.

Keadilan Sosial
keadilan sosial terdapat dalam nilai-nilai pancasila dalam nilai ke-5 yang berbunyi "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia"
sikap-sikap yang dapat mencerminkan nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia bisa seperti :
1. bersikpa adil terhadap sesama
2. menjaga keseimbangan / keselarasan antara hak dan kewajiban
3. menghargai hasil dari karya orang lain
4. suka bekerja sama
dan masih banyak contoh-contoh lainnya yang mencerminkan sikap dari nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Kejujuran
definisi kejujuran itu sendiri adalah , suatu perbuatan atau perkataan dari seorang individu kepada individu lainnya dimana dalam perbuatan dan perkataan tersebut adalah hal yang benar atau sesuai fakta bukan berupa rekayasa perkataan belaka.
hakekat kejujuran adalah segala sesuatu hal yang telah terikat pada norma-norma manusia dan kepada Tuhan Yang Maha Esa , karena kejujuran itu sendiri hanya Tuhan yang tau apakah individu tersebut jujur atau tidak.

Kecurangan
Definisi Kecurangan berupa keadaan dimana seorang individu tidak lagi bisa melakukan sesuatu hal dengan benar atau dengan jujur.
beberapa hal yang menyebabkan orang melakukan kecurangan adalah :
1. keadaan yang merugikan individu itu sehingga individu tersebut melakukan kecurangan
2. kebiaasaan , seorang individu dapat berbuat curang apabila ia sering melihat individu lain berbuat curang dan mengikutinnya
3. kemalasan , karena sifatnya yang malas dan tidak mau berusaha maka individu tersebut mencari cara singkat untuk menyelesaikannya dengan melakukan kecurangan.

0 komentar:

Posting Komentar