Jumat, 25 November 2011

Masyarakat perkotaan dan Masyarakat Perdesaan

pertama kita harus tau definisi dari masyarakat itu sendiri terlebih dahulu sebelum mengenal masyarakat perkotaan dan masyarakat perdesaan , menurut selo sumardjan masyarakat itu adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan sebuah kebudayaan.

sekarang kita masuk ke definisi dari masyarakat perkotaan atau yang biasa di kenal dengan urban community , masyarakat perkotaan ini lebih menekankan defisininya dari melihat sifat-sifat kehidupannya serta ciri-ciri kehidupannya yang berbeda dengan masyarakat perdesaan , contoh pada masyarakat kota apabila ada keluarga yang bertamu masyarakat kota lebih menghidangkan makanan yang bersifat mewah dan cara menyiapkannya juga mewah , lain halnya dengan masyarakat desa yang lebih terkesan sederhana mereka hanya menyediakan makanan dalam kaleng.

ciri-ciri yang biasanya ada di masyarakat perkotaan berupa :
1. keagamaan : masyarakat kota cendrung kurang dalam keagamaan dengan masyarakat perdesaan
2. orang kota pada umumnya dapat memenuhi kehidupannya tanpa tergantung pada orang lain
3. pembagian kerja umumnya juga lebih tegas dan mempunyai batas-batas yang nyata

perbedaan masyarakat perkotaan dan masyarakat perdesaan
1. jumlah dan kepadatan penduduk
2. lingkungan hidup
3. mata pencarian
4. corak kehidupan sosial
5. stratifikasi sosial
6. mobilitas sosial
7. pola interaksi sosial
8. solidaritas sosial, dan
9. kedudukan dalam hierarki dalam sistem administrasi nasional

hubungan antara masyarakat perkotaan dan masyarakat perdesaan
dalam hal ini masyarakat perkotaan dan masyarakat perdesaan merupakan komunitas yang tidak terpisah , masyarakat perkotaan membutuhkan masyarakat perdesaan begitu juga sebaliknya , kota tergantung pada desa dalam memenuhi kebutuhan warganya dan bahan-bahan pangan seperti beras , sayur-mayur , daging dan ikan. desa juga merupakan sumber tenaga kasar yang tertentu di butuhkan di perkotaan seperti menjadi buruh bangun. desa juga membutuhkan kota sebagai sarana membeli pakaian , alat dan obat-obatan pembasmi serangga , minyak tanah dan obat-obatan kesehatan

sekian dari saya tentang masyarakat perkotaan dan perdesaan apabila ada tulisan saya yang kurang berkenan mohon di maafkan , kurang lebihnya terima kasih

1 komentar:

Anonim mengatakan...

teman, jangan lupa ya mencatumkan link Gunadarma www.gunadarma.ac.id. Sekarang kan sudah mulai perkuliahan softskill dan Sebagai salah satu penilaian mata kuliah softskill harus mencatumkan link Gunadarma.

Posting Komentar