Jumat, 06 April 2012

Memuja Agama dan Teknologi

Tema : Pemujaan
Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar


Definisi Agama
Agama menurut kamus besar bahasa indonesia adalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan mansuan dan manusia serta lingkungannya.
kata "agama" itu sendiri berasal dari bahasa sanskerta , agama yang berarti tradisi. agama juga dapat di sebut religi , religi berasal dari bahasa latin religio yang berarti mengikat kembali. maksud dari kata mengikat kembali adalah manusia bereligi atau artinya manusia mengikat kembali dirinya kepada Tuhan.

menurut pandangan Emile Durkheim mengatakan bahwa agama adalah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci. ketika sebagai umat beragama semaksimal mungkin berusaha untuk terus meningkatkan keimanan kita melalui rutinitas beribadah , mencapai rohani yang sempurna kesuciannya.

di indonesia ini tempat kita berada merupakan peradaban yang memiliki banyak kepercayaan , mulai dari masyarakat yang masih percaya terhadap roh-roh nenek moyang ataupun terhadap benda-benda sakti. dizaman modern ini pun masih banyak orang yang seperti itu tapi secara umumnya agama di indonesia ini kurang lebih ada 6 yaitu islam , kristen , katolik , budha , hindu dan kongucu

Studi Kasus antara Agama dan Teknologi
dari yang saya lihat banyak ini , menurut saya banyak yang lebih mementingkan kegiatannya seorang individu dengan teknologi yang dipakainya seperti handphone , komputer (pc) , laptop dll dibandingkan dengan kepentingan beragama. seperti contohnya seorang individu yang beragama main di sebuah warnet mulai dari jam 9 pagi sampe jam 3 sore , individu tersebut sudah melupakan waktunya untuk melakukan ibadah solat dzuhur karena keasikan dengan hal yang dilakukannya di warnet tersebut. jadi menurut saya marilah kita mengoreksi diri sendiri , kita sebagai seorang individu yang beragama sebaiknya tidak melupakan waktu kita untuk beribadah kepada sang pencipta karena kemajuan teknologi yang berkembang ini. intinya adalah sebagai seorang individu yang beragama sebaiknya janganlah lebih memujakan teknologi dibandingkan dengan agama.

0 komentar:

Posting Komentar